10 racun di rumah bagi anjing&kucing..

Translated from: Di terjemahkan dari: http://dogblog.dogster.com/2011/02/09/top-10-pet-toxins-of-2010

Sick Dog

Si Guguk menyukai hal teraneh sekalipun – yang beberapa diantaranya sangat beracun. Tahun lalu ASPCA-nya APCC (Pusat Penanganan Hewan Keracunan) menangani lebih dari sekitar 167.000 panggilan telfon mengenai hewan peliharaan yang keracunan. Seperempat dari jumlah panggilan tersebut melibatkan  ketidak sengajaan konsumsi obat manusia. (Kenapa sih para guguk itu susah banget disuruh minum pil/obat yang seharusnya mereka minum, tapi dengan mudah melahap obat manusia apapun yang tergeletak dan terjangkau mereka?)

Karena satu ons pencegahan bernilai satu pon pengobatan, kami hadirkan 10 daftar utama racun hewan peliharaan dari tahun 2010 dari APPC.

pills

Obat Manusia

Human Medications
Obat Manusia sekali lagi berada di posisi utama dari daftar racun hewan peliharaan terpopuler tahun 2010. Hampir 25% dari kasus APPC mengenai obat manusia yang tak sengaja terkonsumsi hewan. Yang paling umum termasuk pengobatan tanpa resep dokter yang mengandung ibuprofen, acetaminophen antideppresant dan  pengobatan ADHD(Attention Deficit Hyperactive Disorder:Gangguan hiperaktif defisit perhatian)

Insektisida

Insecticides
Sekitar 20% panggilan telfon ke APPC adalah mengenai insektisida. Insektisida biasanya digunakan ke peliharaan untuk pengobatan kutu dan disekitar rumah untuk mengusir serangga. Keracunan serius terjadi ketika produk tidak dilabeli untuk kucing, digunakan pada mereka. Selalu ikuti petunjuk penggunaan.

Rodentisida
Umpan yang digunakan untuk tikus dan curut kebanyakan berbahan dasar biji2an, tapi memancing anjing dan kucing. Ada beberapa tipe rodentisida yang dapat menyebabkan epilepsi, luka dalam atau gagal ginjal. Selalu pastikan benda semacam ini diletakkan di tempat yang tidak dapat diakses hewan peliharaan.

grapes(26)

Makanan manusia
Xylitol, anggur, kismis, bawang bombay dan bawang putih biasa dicerna hewan peliharaan kita. Anggur dan kismis dapat menyebabkan gagal ginjal pada anjing, sementara bawang bombay dan bawang putih menyebabkan anemia jika termakan dalam jumlah cukup. Xylitol, gula alkohol yang digunakan sebagai pemanis permen bebas gula dan mint, dapat menyebabkan gula darah rendah dan kerusakan hati pada anjing.

Pengobatan dari Drh.
Banyak obat2an yang dibuat untuk peliharaan kita diberi rasa untuk memudahkan dalam memberi. Sayangnya, hal tersebut berarti bahwa hewan dapat menelan satu botol jika dirasa enak. Obat kunyah biasanya termasuk arthritis dan pengobatan besar. Hubungi dokter hewan jika peliharaan kita mengkonsumsi melebihi dosis yang dianjurkan.

Coklat

Coklat mengandung metilsantin( methylxanthines),  yang dapat menjadi stimulan bagi peliharaan kita. Metilsantin dapat menyebabkan agitasi(kegelisahan berlebih), muntah, diare, kenaikan detak jantung, kejang otot, epilepsi dan kematian.

which act as stimulants to our pets. The darker the chocolate, the more methylxanthines it contains. Methylxanthines can cause agitation, vomiting, diarrhea, high heart rate, muscle tremors, seizures and death.

Racun peralatan rumah
Peralatan bebersih seperti pemutih, asam(acid), alkali dan detergen dapat menyebabkan cedera korosif terhadap mulut dan perut. Demikian juga dengan batere dan potpurri(pewangi) cair. Selalu simpan benda2 ini di tempat terkunci.

Tanaman
Baik tanaman di dalam dan di luar rumah dapat dimakan oleh peliharaan kita. Bunga lili dapat menyebabkan gagal ginjal dengan resiko kematian pada kucing, sementara palem sago dapat menyebabkan kerusakan hati baik pada kucing atau anjing.  Jauhkan tanaman rumah dan buket bunga dari peliharaan anda.

Ramuan atau bumbu2an
Banyak bumbu2 mengandung rasa yang asin dan peliharaan kita menyukainya. Selalu ikuti petunjuk penggunaan dan jauhkan dari jangkauan peliharaan kita.

Racun luar rumah
Pupuk dan  lelehan es adalah bahan yang dapat ditemukan peliharaan kita diluar rumah. Simpan benda2 semacam ini dengan aman di tempat terkunci atau rak yang tinggi sehingga tidak terjangkau hewan2.

Advertisements

aaaaaaand you say..?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s