Tentang Kesejahteraan Satwa

Sekilas Tentang Animal Welfare

Dalam Bahasa Indonesia animal welfare diartikan sebagai kesejahteraan satwa yaitu suatu usaha untuk memberikan kondisi lingkungan yang sesuai bagi satwa sehingga berdampak ada peningkatan sistem psikologi dan fisiologi satwa.
Kegiatan ini merupakan kepedulian manusia yang diberikan dengan tujuan meningkatkan kualitas hidup secara individual terutama bagi satwa yang terkurung dalam kandang atau terikat tanpa bisa leluasa bergerak.
The five of freedom (lima hak kebebasan) merupakan pedoman untuk mengetahui apakah satwa-satwa tersebut sejahtera dan sekaligus langkah yang tepat dalam meningkatkan kesejahteraan satwa.

The five of freedom itu adalah :

1. BEBAS DARI RASA LAPAR DAN HAUS
Tersedianya air minum dan makan yang layak, higienis dan memenuhi gizi serta sesuai dengan musim. Pemberian makanan yang tepat dan proporsional.

2. BEBAS DARI RASA PANAS DAN TIDAK NYAMAN

Adanya tempat berteduh, area untuk istirahat dan fasilitas yang sesuai dengan perilaku satwa.

3. BEBAS DARI LUKA, PENYAKIT DAN SAKIT

Pengobatan dan pencegahan penyakit, diagnosa yang cepat dan tepat serta lingkungan yang higienis sehingga kuman patogen (bahaya) dapat dicegah dan dikontrol.

4. BEBAS MENGEKSPRESIKAN PERILAKU NORMAL DAN ALAMI
Tersedianya ruang tempat tinggal yang memadai, fasilitas kandang yang sesuai dengan tingkah laku (behavior) satwa dan adanya teman untuk berinteraksi sosial.

5. BEBAS DARI RASA TAKUT DAN PENDERITAAN
Tidak ada konflik (pertengkaran) antar atau lain species, tidak adanya gangguan dari hewan pemangsa (predator).

Semua hewan (peternakan, untuk dipekerjakan, kesayangan, percobaan, untuk pertunjukkan bahkan yang masih liar sekalipun) menginginkan adanya kondisi lingkungan yag alamiah, aman dan nyaman.
Perlakuan yang tidak menyiksa dan melukai hewan.stress merupakan tanda hewan tidak sejahtera.
Bila terus dibiarkan akan berdampak pada gangguan reproduksi,metabolisme, fungsi immune (kekebalan tubuh), tingkah laku, pertumbuhan serta perkembangan dari satwa tersebut.
Stres tidak bisa dibiarkan terus menerus, harus segera dicegah dan tingkatkan kesejahteraan satwa. Dari sudut pandang dokter hewan stress merupakan bahaya potensial yang berdampak pada semua aspek kesehatan satwa.

 

 

Advertisements

aaaaaaand you say..?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s