babeh bond

Ehh,.. bukaaan,.. bukan maksudnya Si babeh mirip james bond.. hehehe..

Sebenernya mau ngebahas soal bonding ayah-anak.. Penting banget gak sih jaman sekarang? Menurut gw penting banget,..

Ga mau kan punya anak yang cuek sama sekelilingnya, sibuk asik main (game/pad/gadget) sampe susaaaaaaaaahhh banget buat noleh saat dipanggil namanya.

Gw termasuk yang strict urusan yang satu ini. Untungnya si M, bukan tipe2 orang yang sampe bela2in makan diresto pun ngeluarin gadget. Apa hubungannya gadget sama bonding sih?

Tunggu. Dulu bonding ayah-anak termasuk yang jaraaaaaaaaaaaaaaang banget dianggap penting sama para pria berkeluarga secara udah kodratnya urusan laki2 cari nafkah, urusan RT dan anak adalah urusan perempuan. Nah sekarang, saat udah banyak pria2&wanita2 yang cukup moderat untuk saling berbagi dan meringankan tugas, muncul lagi godaan lain. SMARTPHONE.

Gw pribadi termasuk yang suka socmed. Update status, edit/mixing foto2 lalu upload. Belum lagi browsing2 belanjaan di Instagram, duhh.. doyannnn bokkk…  Tapi gw selalu berusaha supaya Vito ga ngerasa diabaikan. Yang artinya, seminim mungkin buka ponsel didepan dia. Kalo ngga penting2 bangeeeeet, ya ngga gw mainin. Kalo Vito lagi tidur, atau udah asyik main sendiri, baru gw bisa curi2 waktu. Dan secara kodratnya perempuan multitasking, gw pribadi, walopun lagi pegang ponsel, telinga gw menangkap suara ataupun gerakan yang dibuat sama Vito, apalagi kalo manggil gw.

Vitobott in action..

Beda sama si M, M kalo udah megang gadget, langsung ga ngeh sama sekitarnya. Dia tipe yg konsen sama 1 hal. Untungnya M mau denger protes gw. Maklum, gw suka sebel liat Vito menatap penuh cinta dan harap sementara yang ditatap asik sendiri.. hehehehe…  Alhasil, main game boleh selama Vito memang asyik main sendiri atau lagi tidur.

Vito sekarang sangat komunikatif, walaupun belum bisa ngomong jelas, dia memanggil/menegur/berteriak ke siapa aja yang kebetulan dia lihat. Khususnya sang babeh. Setiap babeh M masuk ke satu ruangan sama dia, atau sekedar lewat, “EEHH!” teriaknya.. 😀 lucu banget. Matanya menatap penuh harap, saat si babeh merespon, cengiran lebar menghiasi wajahnya. Priceless.

Nah, untuk bondingnya sendiri, M termasuk tipe yang cuek. Dia bingung mau ngapain. Yang akhirnya cuma cium2, goda2 bentar dan kadang (jarang banget) gendong jalan2 keluar rumah. Ngasih makan gak bisa, mandiin gak berani. Susah deh.

Tapiiiiiiii.. ada momen2 istimewa Vito sama babeh.  Lagu kringkringkring ada speda itu hits banget buat Vito. Kalo di indung2 pake itu sama babehnya, langsung tenang dia digendong si babeh. Dan sebelum berangkat, digendong tegak sambil pelukan selama hampir 20menit pun udah merupakan momen bonding yang indah banget dimata gw. Dan Babeh M pun berusaha responsif. Kapan aja terdengar suara; “eeeeehhh!!!” Babeh siap merespon.

Vito adores his babeh so much. Dan yang namanya anak, pasti akan mengusahakan bonding ke sekitarnya, kadang orang dewasanya aja yang terlalu sibuk sampai mengabaikan si anak. #amit2 #ketok2meja

Fenomena sekarang? Ibu sibuk megang HP, anak dipegang sama pembantu/nanny.  Bapak asyik main game, Ibu capek megang anak, nenek yang ketempuan ngawasin. Sedih gw liatnya. Jangan sampe kayak gitu. 😦

Jadi inget curhatan temen yang suaminya pulang kantor, bukannya megang anak malah megang game konsol.  😦

Atau curhatan seorang nenek yang ngeluh, mantu sama anaknya masing2 megang HP, anaknya maen sendiri. 😦

Adalagi yang nitipin anak batitanya ke neneknya, sementara 2 orangtuanya pergi ke mall sampe 3 jam lebih, anaknya nangis2 kejer ga mau berhenti. DANG.

I wish these stories is not or will not be ours. Amen.

Ini nih muka anak gw kalo udah sama babehnya.. cengiran bahagia dan muka sombongnya dipasang..

Qtime w/ Beh

Apapun, gw percaya yang namanya bonding ke anak itu harus diusahakan 2 belah pihak. Harus dijaga dan selalu dipererat sama kayak cinta ke pasangan. Kalo Ibu&anak, momen menyusui itu bikin ikatan batin, kemudian momen mengurus anak kayak nyuapin, mandiin dstdst, nah kalo bapak&anak?  Semoga semua bapak2 di dunia sadar kalo tugas mendidik anak bukan tugas utama ibu. Itu tugas utama kedua ORANG TUA. Dan tanpa bonding yang baik, gw ga yakin sebagus apapun didikannya, akan terserap ke anak. IMHO.Damaiii..

2 thoughts on “babeh bond

  1. Matanya menatap penuh harap, saat si babeh merespon, cengiran lebar menghiasi wajahnya. Priceless <—– iya, priceless banget yah… Abang Raja juga gitu. Suka sedih kalo udh megeh2 ketawa caper tapi dicuekin papanya. Suka langsung heboh nyari2 pas denger suara papanya. Bahkan kemaren pisah 3 bulan sama papanya, eh pas ketemu langsung girang. Padahal kita pikir dia bakal lupa. Pernah di"omelin" papanya biar ga cengeng tapi ga sakit hati. Tetep nyari2 papanya.

    Ih, akyu jadi kangen abang Raja 😦

  2. haaa.. Vito pertama ditinggal babehnya lama sekitar 10 hari, pas ketemu lagi dia nangis.. nangis yang kayak lega banget gitu.. Gw yang sedih ngeliatnya, dia kayak ga nyangka bisa ketemu lagi sama babehnya.. huhuhuhu.. kalo sekarang udah mulai terbiasa ditinggal lama.. kalo abis dines lama, pas ketemu langsung ketawa bahagiaaa..
    Hahhaaa.. jangan kangen2 Bunga, ntar ci abang Rajanya rewell.. hahaha..XD

aaaaaaand you say..?

