Inspirasi Kebaikan

Pernah gak sih nemu duit di kantong celana/baju sendiri trus spontan mikir/ngomong: “Yah, cuma 10rebu(atau 20rb)..coba 50”

Secara ga sadar kita anggap ‘temuan’ itu kurang berharga. Sementara, buat orang lain, uang segitu bisa ‘ibarat’nya nolong jiwa.

Gw biasanya tipe orang yg sangat menghargai temuan macam itu, walo cuma 5rb, biasanya gw girang. Tapi gegara efek keborosan gw yg rada2 meningkat, kemaren gw inget, jumat lalu nemu 20rb dikantong tas dan spontan mikir: “yah, cuma 20rb” Yaks itu ga baik. Dan ga biasanya gw gitu.

Nah, Minggu malem, pas nyokap dateng, beliau cerita ke gw; “Kak, kemaren mama lagi jalan dari pasar ngeliat bapak2 penjual rujak bebeg lagi ngadem. Udah tua orangnya. Trus kayaknya dia laper tuh kak,.. dia mulai motongin mangga yg keliatannya masih mudaaaaaaaa banget.. Pas lagi motongin, pas mama udah didepan dia,.. mama langsung tanya aja.. Berapa 1 nya. Dia jawab 5ribu. mama pesen satu.”

Gw nyimak, mulai ngeh arah pembicaraan. Biasanya nyokap emg suka random ngasih uang ke orang.  “Trus?” respon gw u/nunjukin gw nyimak.

“Trus, mama kasih 20ribu,pas dia mo balikin mama jawab ga usah.. Dia langsung melongo ga percaya gitu kak.. sampe ngomong: Astagfirullah! Subhanallah! Alhamdulillah!! Bener bu? Gak kembali??. Duh, mama ngenes jadi ga enak langsung iya aja sambil jalan. Kalo ada, mama kasih 50 deh tu orang..” Nyokap ngawang. Passionnya beliau emang berbagi, dan mudah2an gw bisa ikut andil dalam nyenengin beliau. 🙂

Sebelumnya maaf. Gw ga bermaksud riya akan kebaikan nyokap gw dan Insya Allah tulisan gw ga akan mengurangi nilai pahala beliau. Gw cuma mau berbagi kisah teladan yang kadang ga perlu dicari sampai ke Arab. 🙂

Love you, Mom.

6 thoughts on “Inspirasi Kebaikan

  1. Aku org yg selalu girang kalo nemu duit sampe matt suka sengaja ninggalin duit 10 ribuan or 20 ribuan di kantong celananya pas masuk cucian, selaluuuuuu girang n selaku aku balikin ke dia hihi

  2. Nyokap lo sama kayak nyokap gue, malah dia suka nangis lho kalo ngeliat begitu. Gue ketularan dia, jadi waktu gue masih di Jkt, gue suka ngeh gitu, tukang sate gue sendal jepitnya udh lusuh, sedih rasanya. Beli sate deh 10 tusuk, kasih ke pak hansip jaga komplek (yang gajinya cuma UMR), buat makan malem. Jadi berbagi kebaikannya paralel..
    Sorry, gk maksud sombong ya.. Tp kalo di Indo, mau nambah pahala atau merely membantu sesama tuh gampang bgt gak sih.. Secara masih banyak bgt yang kurang beruntung..

    Gue sendiri jgua suka gk berterima kasih atas nikmat Allah SWT. Udah dikasih A, maunya B, dikasih AB, nambah C. Huhuuu..

    • Naaaahh.. sama koq maksud akuhhh.. bukan mau nyombong, tapi lebih ke sharing aja sih.. 🙂

      Betuul.. di Indo(atau mungkin dimanapun) terlalu jomplang ketara.. Dan rata2 disini, kalo keliatan berlebih dikit, sering berusaha dimanfaatin. Gampaaaaaaaaaang banget nemu orang buat dikasih. Tapi pernah juga ngalamin kejadian,.. misalnya abis dpt rezeki tak terduga/lebih, trus dlm hati niatin mo ngasih sapa aja yg keliatan susah di pinggir jalan. Random gift gitu. Tapi ga ketemu aja loh.. Bahkan tukang sapu jalan pun kayak lagi libur.. hehehe..

      Kalo ditempat tinggalmu gimana? Suka banyak yg kayak gitu gak?

      • Gak ada disini, org gembel tuh kebanyakan dari mafia. Jadi berpura pura gembel karena males kerja, dan datengnya dari Eropa Timur. Soalnya kalo di Austria, yg gembel dapet rumah gratis dsb dsb, jadi gk bakal kelaperan kedinginan di jalanan.
        Heran ya, negara yang bukan islami bertindak lebih islami daripada negara islam sendiri. Well yeah..

aaaaaaand you say..?

