Vito Update — Setelah setahun..

Duh.. kangen nulis, tapi berasa ga ada waktuuu.. *sok sibuk*

Soalnya kalo nulis butuh waktu yg panjaaaaaaang.. Ga puas kalo ga dibaca berulang2 dan diedit2.. hahahaha…

Maaf nih ya buat yang bocennnnn baca tulisan emak2 yg selaluuuu banggain anaknya..

Ya mo gimana deh.. baru ngerasa punya anak setahunan jadi memang dunia masih berpusat kepada si bocah… hohohoho…

Jadiii.. ini bocah sekarang udah mau 15 bulann… dan ada 15 hal yang gw mau tulis tentang dia..

Be prepared.. it’s going to be a looooooong post..

1. Super friendly little boy

Vito itu super ramah. Ke orang asing juga, pelayan resto, mas/mbak sales, anak2 sebaya atau orang muda. Apalagi sama yang cantik2, hadewwww.. suka ngekor.

Sebagai emaknya, seringkali gw ga terima liat anak gw yg dengan ramah menyapa, trus di cemberutin atau dicibir sama anak yang disapanya, atau kadang ketemu anak yang super sombong, angkat dagu, melotot. IIIH.. Bikin gw emosi. Sementara anak gw yg kayak berusaha ngajak komunikasi gitu dengan wajah sok meyakinkan, yang diajak ngomong cemberut sambil nepis2 anak gw. Huhuhuhu.. Nanti ya Nak.. ada waktunya kamuh momi ajarin sombong.. hahahaha..

image

He loooooooooooves beach.. like mommy.. ❤
His second trip to the nearest beach was awesome.. (His first trip when he was 1mo and was wrapped on baby wrap)
His jaw drop when he see the sea on the first time. Me happy, babeh happy, the boy happiest!

2. No spit food

Anak gw ga bisa ngelepeh. YAYYY… WHAT A BLESSING.  Sementara banyak yang keluh mengeluh soal anaknya yang suka ngelepeh makanan, anak gw sampe umur segini.. setaun 2 bulan, dia ngga bisa ngelepeh. Hihiii.. semoga bermanfaat baik yeeeee..

Nah, jadi kalo tiba2 ada benda asing yang bukan makanan kerasa dilidahnya seperti rambut emaknya, kertas, atau makanan yg dia ga suka.. dia akan buka mulut trus ngeluarin suara a-a-a-aa-aa-aa. Kayak ngadat gitu. Nyamperin gw/omanya sambil nunjukkin  mulutnya. Nah disitu gitu bisa liat apakan itu makanan atau benda yg bukan untuk dimakan. Biasanya, kalo bentukannya makanan kayak kacang polong halus, kue kering(yg udah hancur) atau makanan yg harusnya bisa ditelan, tinggal sodorin aja minuman depan mukanya, dan otomatis si bocah akan mengunyah dan menelan lalu minum.. VOILA.  Tidak ada lepehan!

3. Easy to persuade

Seperti bocah kecil pada umumnya, sifatnya yang petualang kadang mendekati hal2 yang berbahaya/menjijikkan, kayak: mainan kabel, deket2 kolam, mainan air, dan di beberapa kasus out door, mo megang2 tempat sampah, motor lagi diparkir, etc etc. Hal2 yang bikin pengawasnya spaneng.

Tapi terlepas dari ketertarikannya akan benda2 aneh, Vito cukup gampang dialihkan. Jadi hampir ga ada cerita dia tantrum karena dilarang. Kecuali kalo udah pengen sama mommynya.. 😀

4. Rarely go to doctor for medication

Nah ini juga.. Bisa dibilang, sampai umur sekarang, Alhamdulillah Vito berobat ke dokter itu baru sekitar 3x. Beberapa orang bilang karena ngASI, makanya daya tahan tubuhnya bagus. Tapi FYI, Vito ngASI cuma sekitar 30% dari 100%konsumsi susunya dari umur 3.5 bulan. Ekslusif sampe 3.5 bulan, lalu campur sufor.  Sampe sekarang ASI masih keluar karena gw niat ngASI sampe 2 tahun, walaupun campur sufor.

Dan bukan berarti dia ga pernah sakit. Ada kalanya dia batuk2, atau meler pilek. Gw cenderung ga mau bawa ke dokter. Biasanya kalo batuk2 dari tenggorokan(misalnya karena abis makan kerupuk/minyak2), gw paling kasih jeruk nipis+madu 2-3x sehari. Kalo pilek/meler, paling dijemur matahari pagi(sambil biarin dia main/jalan2 sekitar sejam antara jam 7-9pagi) dan banyak minum air putih hangat. Stop es krim/minuman dingin. Nah, kalo 2 hari ga sembuh, baru hari ketiganya dibawa ke dokter.  Oh iya, karena gw ngASI, selama usaha penyembuhan, gw juga minum vitamin C dan jaga makan (perbanyak sayur/buah/daging) Pokoknya, intake gw harus yg sehat2 juga.  No mie ayam, No nasgor.

5. Well maintained schedule for eat and sleep

Kebiasaan. Nyokap ngedidik gw bahwa, anak yang ngikutin orang tua. Bukan orang tua ngikutin anak. Nyokap selalu wanti2 supaya gw tidak mengacaukan jam makan dan jam tidur anak. Itu kuncinya disiplin untuk kemudahan gw juga. Dan gw bersyukur akan hal ini. Ada kalanya si bocah terbangun jam 3 pagi dan main sendirian sementara gw lelap, dan dia akan kembali tidur jam 4 pagi. Tapi ini kasusnya jaraaaaaaaaaaaaaang banget. Seringkali, dia tidur dengan sukses jam 9 malam, dan bangun jam setengah 6-an. Lucunya, di wiken, jadwalnya agak menyesuaikan gw, bangun lebih siang, makan lebih lambat, semua hal lebih santai… Tapi kembali on-time di hari minggu. Hehehehee…

6. Smiley Boooy…Oh yes, he such a smiley darling…Nyengiiiiiiiiiiiiiiiiiirrrrnya ga nahan.. 2 gigi seri depannya udah tumbuh, besar dan berjendela.. Which i hope he will not have them permanently, but now its really looks cute on him.

image

🙂

7. Curly hair

He got that perfect curly hair. Nuff said.

8. Heavy drinker; straw, bottle, glass, u name it. and no sippy cup required. Crazy for water.

Si bocah penggila minum. Dia ga bisa nolak air.. Minum dan minum teroooooooosss.. Sebagian besar orang ngasih anaknya susu banyak2. Kalo gw pribadi, lebih suka si bocah banyak minum air putih, sementara untuk susu, ada waktunya.

image

Pernah dimarahin suster karena dia liat Vito minum air putih pas ngantri imunisasi. Katanya “ga ada gizinya!”. Well, saat itu gw nurut dan nyimpen itu air putih. Tapi, gw tetep memberikan Vito air putih setiap dia abis ngASI, nyusu ataupun konsumsi apapun. Alhamdulillah anak gw seger, ga gampang sakit dan terbiasa minum air putih. Memang ga ada gizinya, tapi gw percaya minum air putih itu sehat dan ngurangin resiko obese pada anak!

9. Adventurous, brave.

Alias gak ada takutnya!!!!! Vito itu penjelajah. Rasa kepo dan penasarannya tinggiiiii banget. Yah, seperti anak2 kecil pada umumnya sih…  Dan agak susah untuk kapok.

image

Hobi: MANJAT

10. Loves being in the water

Selain suka minum air, Vito juga hobi maen air..

image

11. NOM NOM NOM…

Walaupun bisa dibilang si bocah gak susah makan,.. ada beberapa makanan yang dia ga suka.. Misalnya ati ayam, kue kering macam nastar/kastengel dia juga ga suka sama yang terlalu manis, kebetulan gw baru tau kalo dia ga suka JCO isi green tea.. hehehehe…

Kalo makanan yang dia suka diantaranya: Promina bubur pisang coklaaatttt, Alpukat puree, Nasi berkuah sop, daging ayam, nasi tim buatan oma (biasanya pake brokoli), Mac&Cheese simple buatan momi.. daaaann.. dia juga ga terlalu anti pedas.. hehehehe…

12. ngASI

Diumur segini Vito masih ngASI. Walaupun cuma pas malem aja atau cuma pas ketemu gw.. Jujur gw pun menikmati masa menyusui kami berdua. Belum rela ngelepas euyy.. Semoga bisa sampe 2 tahun yaaaaa..

13. watch sesame street

He watch a lot of Sesame Street video which i download from youtube.

Why sesame street? Karena emang gw suka sesame street. Koleksi video mereka dari yg oldies banget sampai yg terbaru ada. Gw punya Video sesame street yang ada Johnny Cash, John Legend, Diana Krall, Nathan Lane, Andrea Boccelli sampe yg nampilin Will.I.Am, Goo goo dolls & REM.

Favoritnya sih si Ernie nyanyi solo lagu I dont to live on the moon. Sama yg Sing a song versi mixed video.
Dan yaak… It’s fun to watch them.

14. Ngomoong

Dia belom bisa ngomong dengan benar. Walaupun suka ngeluarin celotehan dan nada suara kayak orang ngomong beneran dengan cepat. Jadi kalo denger sekilas, kayak udah bisa ngomong, nanya dan negur dengan cepat. Contoh kata2 yang terdengar dari mulut Vito:

– dibacayaaaaaa = kedengeran kayak : lagi baca yaaa?

– nuajjayaa = kedengeran kayak : minum aja yaaa?

Nah, kalo kata2 yg udah ada artinya alias yang memang dia maksudkan: Nyen=Nen, Baba: babeh, mmah: Oma, Nyow : No, Daaak : tidak, nyum: minum. Kalo Mommi? Hmm.. dia sih bersikeras manggil gw Mma..

Hehee.. baru sedikit ya kamus Vito..

15. Laaaaaaaaashes.. eye lashes

image

Pict by: Tante Sylfie

Unlike me and his daddy. he have this long and pretty eye lashes. Hal yg gw idam2kan sebagai wanita adalah bulumata yg panjang dan cantik. Itu sebabnya, walaupun belum ketauan jenis kelaminnya, gw selalu berdoa supaya anak gw (selain sehat) bulu matanya lentik.. hihihihihi…  And I’m thankful now.

==========================================================================================

aaaaaaand you say..?

